Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

BAB 5 - SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN BARANG CV. ERACOM MEDAN



BAB 5
KESIMPULAN DAN SARAN


5.1    Kesimpulan
Hasil dari pembahasan yang dilakukan pada bab sebelumnya maka dapat diambil kesimpulan yang dapat berfungsi sebagai bahan masukan bagi pihak CV. Eracom Medan. Penulis merancang suatu sistem yang dihasilkan berdasarkan uraian yang telah tercantum pada bab-bab sebelumnya. Dari hasil pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut:
1.      Perancangan sistem ini mempermudah pengolahan data stok barang khususnya mengenai persediaan barang.
2.      Memberikan kemudahan dalam hal pembuatan laporan kepada Pimpinan CV. Eracom Medan.
3.      Dalam merancang sistem informasi ini penulis  membuat DFD, database, relasi antar tabel, desain input – output, dan desain flowchart untuk mempermudah pihak CV. Eracom Medan dalam memahahami sistem informasi yang penulis rancang.
4.      Hasil dari sistem informasi yang penulis buat adalah dapat menampilkan informasi barang, barang retur, supplier, customer, barang masuk dan barang keluar setiap priode dan jenis  dengan cepat dan tepat.

5.2    Saran
Dari Kesimpulan Diatas, maka penulis memberikan saran-saran yang dianggap dapat membantu dan berguna bagi pihak CV. Eracom Medan dimasa yang akan datang. Adapun saran-saran yang akan diusulkan perlu diperhatikan untuk meningkatkan sistem informasi dibidang penyampaian informasi. Berdasarkan kesimpulan diatas dan pembahasan yang dilakukan, maka penulis memberikan saran-saran sebgi berikut:
1.       Sistem Inforamsi Persediaan Barang CV. Eracom Medan yang penulis buat dapat diterapkan oleh pihak CV. Eracom Medan sebagai pembaharuan terhadap sistem yang masih digunakan.
2.       Sistem ini hanya dapat menampilkan data barang, barang retur, supplier, customer, barang masuk dan barang keluar, karena keterbatasan waktu penulis yang sangat singkat sehingga perlu ditindak lanjuti atau dikembangkan dan diperbaharui terhadap sistem informasi CV. Eracom Medan yang penulis buat.
3.       Untuk menjaga dan memelihara sistem, pemakai sistem hendaknya membuat duplikat yang berguna untuk mengganti sistem induk apabila terjadi kerusakan.
4.       Hendaknya program ini diuji coba telebih dahulu, jika sudah dianggap layak maka program ini dapat diterapakan.
5.       Untuk menjaga dan memelihara sistem, pemakai sistem hendaknya membuat duplikat yang berguna untuk mengganti sistem induk apabila terjadi kerusakan.