BAB 3 - SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN BARANG CV. ERACOM MEDAN
BAB 3
SISTEM PERSEDIAAN PADA CV.
ERACOM MEDAN
3.1. Gambaran Umum Perusahaan
Setiap instansi pemerintahan maupun
swasta baik dalam bentuk perusahaan, organisasi maupun instansi seharusnya
sudah memanfaatkan teknologi informasi (sistem komputerisasi) untuk mendukung
kinerja sesuai dengan tingkat kebutuhannya masing-masing. Tetapi dalam
kenyataanya masih banyak perusahaan dan instansi yang belum
menggunakan/memiliki sistem komputerisasi dalam kegiatan operasionalnya. Dalam
dunia perdagangan salah satu fasilitas yang sangat dibutuhkan adalah komputer dan
perangkat pendukungnya, tidak hanya untuk mencari informasi, namun juga sering
digunakan dalam proses transaksi jual beli.
Pada awalnya usaha bisnis ini didirikan
pada tanggal 08 Mei 2004 dengan nama Era Mulia dan seiring dengan berjalannya
waktu pada tahun 2010 berubah menjadi CV. Eracom Medan dan bekerja sama dengan
perusahaan – perusahaan lain diluar maupun didalam kota Medan untuk memasarkan
produksi – produksi perusahaan tersebut. CV. Eracom Medan beralama di Jl. Rebab
No. 8 Padang Bulan Medan. Perusahaan ini bergerak di bidang penjualan barang –
barang elektronik dan juga melayani sparepart, servis komputer/laptop dan ATK
(Alat Tulis Kantor).
Sampai saat ini CV. Eracom Medan
telah menjadi salah satu pusat perbelanjaan dibidang elektronik yang
menyediakan semua kebutuhan peralatan elektronik dengan harga yang terjangkau
atau tidak terlalu mahal, akan tetapi mengutamakan kualitas barang sehingga
pelanggan merasa nyaman dan puas dengan barang yang dijual pada perusahaan
tersebut.
Demikianlah gambaran umum atau sejarah
singkat berdirinya CV. Eracom Medan dari awal berdirinya perusahaan tersebut
sampai saat ini. Berikut adalah logo dari CV. Eracom Medan.
Gambar
3.1 Logo CV. Eracom Medan
3.1.1 Visi dan Misi CV. Eracom Medan
a.
Visi CV. Eracom Medan
Mengembangkan diri menjadi perusahaan
modern dengan konsep pameran yang memberikan pelayanan terbaik, didukung oleh
sumber daya manusia yang kompeten dan mitra usaha yang berkualitas untuk
kepuasan konsumen.
b.
Misi CV. Eracom Medan
Menjadi sebuah perusahaan yang
terkemuka dalam bidang bisnis retail elektronik dan dengan jaringan yang luas dan
didukung oleh pelayanan terbaik dan fasilitas terlengkap.
3.1.2 Struktur Organisasi CV. Eracom Medan
Organisasi merupakan
kumpulan atau sekelompok dari manusia, peralatan dan fasilitas dalam suatu
wadah atau tempat pengaturan tertentu untuk mencapai tujuan dan sasaran
tertentu. Setiap organisasi harus memiliki struktur organisasi untuk menjaga
keteraturan. Dalam suatu Instansi atau perusahaan,
diperlukan adanya struktur organisasi untuk mengetahui tugas, wewenang dan
tanggung jawab dari masing-masing bagian, sehingga akan memudahkan dalam
menuntun, mengarahkan serta mengawasi pelaksanaan kegiatan organisasi tersebut
sesuai dengan fungsinya masing-masing dalam mencapai tujuan yang sudah
ditetapkan.
Adapun
susunan struktur organisasi CV. Eracom Medan adalah sebagai berikut :
Struktur
Organisasi CV. Eracom Medan
Gambar
3.2 Struktur Organisasi CV. Eracom Medan
3.1.3 Tugas dan Wewenang dari Struktur Organisasi
Adapun
tugas, wewenang dan tanggung jawab jabatan-jabatan dari struktur organisasi di
atas adalah sebagai berikut :
1.
Menejer
Menejer
berkewajiban untuk merencanakan, mengkoordinasi dan mengawasi seluruh kegiatan
sehingga tercapai tujuan yang diharapkan. Tugas dan tanggung jawab menejer
adalah :
a.
Bertanggung jawab penuh atas
perusahaan baik itu kemajuan perusahaan atau untuk mengambil keputusan di dalam
perusahaan.
b.
Membina dan memelihara hubungan
kerjasama yang baik dengan pihak yang terkait seperti dealer barang – barang elektronik,
Bank dan sebagainya.
c.
Melaksanakan kebijakan
perusahaan sesuai yang ditetapkan oleh perusahaan, serta ketentuan-ketentuan
yang diperintahkan oleh perusahaan.
2.
Bagain Administrasi Umum
Bagian
administrasi umum merupakan pembantu utama pimpinan dalam bidang administrasi
umum. Tugas dari bagian ini anntara lain :
a.
Menerima dan mengagendakan
surat masuk.
b.
Mempersiapkan konsep surat yang
telah ditanda tangani pimpinan perusahaan.
c.
Mempersiapkan kwitansi untuk
penerimaan uang hasil penjualan barang seperti kwitansi.
d.
Mengerjakan pekerjaan lain yang
ditugaskan oleh pimpinan perusahaan.
3.
Bagian Penjualan
Kegiatan dari
bagian penjualan adalah memberikan layanan kepada pembeli dan calon pembeli
agar mereka memperroleh kepuasan yang maksimal. Tugas pokok bagian ini antara
lain :
a.
Menerima dan melayani calon
pembeli.
b.
Memberikan informasi tentang
kondisi komputer yang akan dijual.
c.
Merawat dan memelihara barang
yag ada agar tetap dalam kondisi yang baik.
d.
Mengadakan negoisasi harga
dengan calon pembeli.
e.
Menyampaikan laporan penjualan.
f.
Melaksanakan tugas lain yang
diperintahkan oleh pimpinan.
4.
Bagian Keuangan
Kegiatan bagian
keuangan adalah mengatur penerimaan dan pengeluaran uang kas agar seluruh dana
dapat digunakan dengan efektif. Tugas pokok dari bagian ini antara lain :
a.
Memeriksa kebenaran dan
kelengakapan dokumen peneriamaan dan pengeluaran kas termasuk pembelian,
penjualan dan dokumen lainnya.
b.
Memerikas dan mengevaluasi
pekerjaan kasir.
c.
Menyusun laporan penerimaan dan
pengeluaran kas.
d.
Mengarsipkan dokumen yang ada
hubungan dengan keuangan.
e.
Memelihara hubungan baik dengan
pihak terkait seperti Bank, pembeli (customer),
pemasok (supplier) dan sebaginya.
f.
Menyusun anggaran penerimaan
dan pengeluaran kas.
5.
Kasir
Kasir merupakan pembantu dari bagian
keuangan dalam mengolah kas perusahaan. Tugas utama kasir antara lain adalah :
a.
Memerikasa kelengkapan dan
kebenaran bukti – bukti penerimaan kas.
b.
Melakukan pembayaran sesuai
dengan bukti yang telah disetujui oleh bagian keuangan dan pimpinan perusahaan.
c.
Menerima uang kas menurut bukti
yang telah dipersiapkan sebelumnya serta menyerahkan uang kas ke Bank.
d.
Membantu bagian keuangan dalam
menyusun anggaran penerimaan dan pengeluaran kas.
e.
Melaksanakan pekerjaan lain
yang ditugaskan oleh pimpinan.
6.
Bagian Pembukuan
Bagian pembukuan
merupakan pembantu pimpinan untuk mencatat dan melampirkan seluruh transaksi
yang terjadi di dalam perusahaan. Tugas bagian pembukuan antara lain adalah :
a.
Mencatat transaksi dalam jurnal
kemudian memindahkan kebuku secara tertib dan benar.
b.
Mengiventariskan aktiva tetap
dan membandingkan kebuku perusahaan.
c.
Menyusun laporan keuangan yang
terdiri dari neraca dan perhitungan laba rugi serta lapaoran lain yang dianggap
perlu.
d.
Memindahkan data ke dalam komputer
dalam bentuk atau format Ms. Word.
e.
Melaksanakan tugas lain yang
diperintahkan oleh pimpinan.
7.
Kepala Teknisi
Kepala bagian
teknisi bertugas untuk mengawasi teknisi barang elektonik seperti teknisi komputer, printer atau yang
lainnya. Tugas bagian teknisi ini antara lain adalah :
a.
Mengawasi / Memberi tugas
kepada teknisi untuk melakukan tugas yang ada.
b.
Memberikan pinjaman barang –
barang dan alat yang digunakan untuk keperluan perbaikan komputer, monitor, printer
ataupun barang lainnya.
c.
Mencatat barang dan alat yang
diperbaiki ataupun dipinjam oleh teknisi.
d.
Melaksanakan tugas lain yang
diperintahkan oleh pimpinan.
8.
Bagian Teknisi
Bagian ini bertugas untuk antara
lain :
a.
Memperbaiki kerusakan barang –
barang elektronik seperti komputer, monitor printer, harddisk dan barang
elektronik lainnya.
b.
Menambah program aplikasi
sesuai dengan permintaan pelanggan.
c.
Mengecek barang terlebih dahulu
sebelum barang dibeli pelanggan.
d.
Melaksanakan tugas lain yang
diperintahkan oleh pimpinan.
9.
Bagian Adm. Gudang
Tugas dan wewenang bagian persediaan adalah :
a.
Mengontrol pergerakan barang
yang laku dan yang tidak laku
b.
Mencatat barang masuk dan
barang keluar
c.
Memeriksa semua kondisi barang
masuk serta melihat barang – barang cacat.
d.
Mebuat laporan keseluruhan
barang untuk diserahkan ke pimpinan.
3.14 Sistem Persediaan Yang Sedang Berjalan Pada
CV. Eracom Medan
Sistem persediaan barang yang
berjalan pada CV. Eracom Medan masih menggunakan metode pencatatan barang masuk
dan keluar kedalam sebuah buku expedisi. Apabila ada barang masuk dari
supplier, maka petugas bagian gudang akan mencatat data-data barang masuk
kedalam buku expedisi barang masuk, demikian juga apabila ada barang yang
diminta oleh bagian penjualan maka akan dicatat pada buku expedisi barang
keluar, kemudian bagian penjualan memberikan laporan barang keluar kepada
kepala gudang, sehingga kepala gudang akan memeriksa dan menyesuaikan kembali
informasi dan laporan persediaan serta meneruskannya kembali kepada bagian penjualan.
Selanjutnya bagian penjualan akan menyampaikan laporan tersebut ke menejer/pimpinan
yang bertanggung jawab atas proses pengadaan dan penjualan.
Adapun sistem persediaan barang pada
bagian - bagian persediaan dapat digambarkan pada diagram dengan alur sebagai berikut
:
Gambar
3.3 Sistem Persediaan Yang Sedang Berjalan
Pada CV. Eracom Medan
3.1.5. Identifikasi Masalah
Mengidentifikasi
masalah merupakan langkah awal yang harus dilakukan dalam tahapan-tahapan
analisis sistem. Masalah dapat diartikan sebagai suatu persoalan yang harus
ditemukan solusinya karena masalah merupakan suatu faktor dominan yang dapat
menyebabkan sasaran ataupun tujuan utama dari suatu sistem yang akan dibuat
tidak dapat tercapai secara maksimal. Oleh karena itu pada tahapan-tahapan
analisis sistem adalah mengidentifikasikan permasalahan - permasalahan yang sedang
terjadi.
Dalam
hal ini penulis mengidentifikasikan permasalahan-permasalahan yang sedang
dihadapi oleh bagian persediaan adalah sebagai berikut:
1.
Penyajian informasi barang
masuk dan barang keluar belum efisien dan akurat.
2.
Pembuatan Informasi dan laporan
persediaan barang tidak dapat disajikan secara tepat waktu.
3.
Seringnya terjadi duplikasi dan
tumpang tindih data, informasi dan laporan
4.
Sulitnya melakukan
update/pembaharuan data, informasi dan laporan persediaan
3.1.6. Analisa Masalah
Berdasarkan
masalah yang telah teridentifikasi maka penulis mencoba untuk menganalisa
penyebab dari masalah tersebut sehingga nantinya dapat dihasilkan suatu ide dan
masukan yang merupakan solusi penyelesaian masalah persediaan yang lebih baik.
Adapun hasil analisa yang penulis lakukan terhadap masalah yang terjadi pada CV.
Eracom Medan khususnya dalam sistem persediaan barang dapat di kategorikan
sebagai berikut:
1.
Pencatatan barang masuk dan
keluar masih menggunakan buku expedisi sehingga memungkinkan hilang, rusak maupun
tercecer.
2.
Pencatatan dan validasi
stok/persediaan dilakukan bukan hanya satu kali sehingga banyak proses
pencatatan data, informasi dan laporan yang tumpang tindih dan berulang.
3.
Pengupdatean data, informasi
dan laporan tentang persediaan dilakukan secara periodik (sekali sebulan)
sesuai dengan penyampaian laporan bulanan.
3.2
Pengumpulan Data
Untuk mendapatkan data-data yang
mendukung di dalam pembuatan sistem, maka penulis menggunakan dua macam
pendekatan metode yaitu :
a.
Studi Lapangan (Field Research)
1.
Pengamatan (Observasi)
Adapun kegiatan pengamatan yang penulis lakukan di bagian bagian
persediaan meliputi pengamatan terhadap proses pengadaan, dokumen pengadaan,
dokumen permintaan dan dokumen pendistribusian yang tercakup dalam sebuah buku
expedisi, serta format dan bentuk-bentuk laporan persediaan yang harus
disampaikan kepada menejer setiap periode.
2.
Wawancara (Interview)
Pengumpulan data dilakukan dengan
berbicara secara langsung pada subjek atau orang yang berkaitan dengan data
yang dibutuhkan yang sesuai dengan studi. Adapun
wawancara yang dilakukan penulis dengan pihak bagian persediaan meliputi faktor-faktor
yang mempengaruhi perubahan jumlah stok, pihak/bagian mana saja yang terkait
dengan perubahan stok, dan bagaimana mengantisipasi dan melakukan pengontrolan
persediaan barang.
b.
Studi Kepustakaan (Library
Studi)
Penulis
melakukan studi perpustakaan
untuk dapat memperoleh bahan-bahan yang bersifat teori ilmiah yang digunakan
sebagai dasar untuk melakukan penulisan dan analisis terhadap kendala-kendala
yang ada pada perusahaan tersebut sehingga kendala tersebut dapat terselesaikan dengan
baik.
3.3 Lokasi danWaktu Studi
Di dalam melaksanakan penulisan Tugas Akhir ini, penulis melakukan magang pada CV. Eracom Medan, yang beralamat di Jl. Rebab No.8 Psr. II Padang Bulan Medan, selama 1 (satu) bulan terhitung mulai tanggal 27 April 2015 s/d 27 Mei 2015 dan berhasil mengumpulkan data-data yang
dibutuhkan baik untuk kelengkapan isi Tugas Akhir yang penulis buat maupun
kebutuhan dan keperluan sistem persediaan yang akan penulis rancang.
Untuk yang malas baca / ingin sedot langsung saya udah siapkan file nya untuk kamu bro, caranya klik aja link download ini :