BAB 4 - SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN BARANG CV. ERACOM MEDAN
PERANCANGAN SISTEM
INFORMASI PERSEDIAAN BARANG
PADA CV. ERACOM MEDAN
4.1 Data Flow Diagram (DFD)
Berisi gambar rancangan proses yang
dimodelkan dengan Data Flow Diagram (DFD). Penggambaran DFD harus
dirinci. DFD harus dimulai dengan penggambaran konteks diagram, DFD level 0 dan
DFD level selanjutnya.
4.1.1 Diagram Konteks
Gambar 4.1 Diagram Konteks Sistem
Persediaan Barang
Pada CV. Eracom Medan
4.1.2 Data Flow Diagram Level Nol
Gambar 4.2 Data Flow Diagram Level Nol
Sistem Persediaan Barang
Pada CV. Eracom Medan
4.2 Basis Data (Database) dan Relasi
Database
(Database) adalah kumpulan dari data yang berhubungan antara satu dengan yang
lainnya, tersimpan di perangkat keras komputer dan menggunakan perangkat lunak
untuk memanipulasinya untuk kemudian diolah menjadi
suatu informasi yang tepat, cepat dan akurat. Dibawah ini merupakan Database
yang digunakan pada perancangan dan pembuatan sistem.
4.2.1 Basis Data
(Database)
Tabel 4.1 Barang
Field
|
Type
|
Size
|
Indexed
|
Description
|
kd_barang
|
Text
|
4
|
Yes
|
Kode Barang
|
nm_barang
|
Text
|
30
|
-
|
Nama Barang
|
satuan
|
Text
|
5
|
-
|
Satuan Barang
|
harga
|
Currency
|
-
|
-
|
Harga Barang
|
stok
|
Integer
|
-
|
-
|
Stok Barang
|
Tabel 4.2 Supplier
Field
|
Type
|
Size
|
Indexed
|
Description
|
kode_sup
|
Text
|
4
|
Yes
|
Kode Supplier
|
nm_sup
|
Text
|
30
|
-
|
Nama Suplier
|
alamat
|
Text
|
30
|
-
|
Alamat
|
telp
|
Text
|
12
|
-
|
No. Telepon
|
Tabel 4.3 Customer
Field
|
Type
|
Size
|
Indexed
|
Description
|
No_cus
|
Text
|
4
|
Yes
|
Kode Supplier
|
nm_cus
|
Text
|
30
|
-
|
Nama Suplier
|
alamat
|
Text
|
30
|
-
|
Alamat
|
telp
|
Text
|
12
|
-
|
No. Telepon
|
Tabel 4.4 Barang
Masuk
Field
|
Type
|
Size
|
Indexed
|
Description
|
no_masuk
|
Text
|
10
|
Yes
|
Nomor Barang Masuk
|
tgl_masuk
|
Date
|
-
|
-
|
Tanggal Barang Masuk
|
kd_barang
|
Text
|
4
|
Yes
|
Kode Barang
|
Tabel 4.5 Detail
Barang Masuk
Field
|
Type
|
Size
|
Indexed
|
Description
|
no_masuk
|
Text
|
10
|
Yes
|
Nomor Barang Masuk
|
kd_barang
|
Text
|
4
|
Yes
|
Kode Barang
|
jlh
|
Integer
|
-
|
-
|
Jumlah Barang
|
Tabel 4.6 Barang Keluar
Field
|
Type
|
Size
|
Indexed
|
Description
|
no_keluar
|
Text
|
10
|
Yes
|
Nomor Barang Keluar
|
tgl_keluar
|
Date
|
-
|
-
|
Tanggal Barang Keluar
|
kd_barang
|
Text
|
4
|
Yes
|
Kode Barang
|
Tabel 4.7 Detail
Barang Keluar
Field
|
Type
|
Size
|
Indexed
|
Description
|
no_masuk
|
Text
|
10
|
Yes
|
Nomor Barang Masuk
|
kd_barang
|
Text
|
4
|
Yes
|
Kode Barang
|
jlh
|
Integer
|
-
|
-
|
Jumlah Barang
|
Tabel 4.8 Barang
Retur
Field
|
Type
|
Size
|
Indexed
|
Description
|
no_retur
|
Text
|
10
|
Yes
|
Nomor Barang Retur
|
tgl_retur
|
Date
|
-
|
-
|
Tanggal Barang Retur
|
kd_sup
|
Text
|
4
|
Yes
|
Kode Supplier
|
Tabel 4.9 Detail
Barang Retur
Field
|
Type
|
Size
|
Indexed
|
Description
|
no_retur
|
Text
|
10
|
Yes
|
Nomor Barang Masuk
|
kd_barang
|
Text
|
4
|
Yes
|
Kode Barang
|
jlh
|
Integer
|
-
|
-
|
Jumlah Barang
|
4.2.2 Relasi
Antar Tabel
Gambar 4.3 Relasi Antar Tabel
4.3 Desain Antar Muka
Desain antar muka merupakan suatu desain tampilan yang bertujuan
untuk dapat memenuhi kebutuhan output sistem, yang berisikan sub-sub menu yang
berdiri sendiri dan memiliki fungsi dalam sistem.
4.3.1
Menu Utama
a.
Menu File
Gambar
4.4 Menu File
b. Menu Transaksi
Gambar
4.5 Menu Transaksi
c. Menu Laporan
Gambar
4.6 Menu Laporan
4.3.2 Masukan (Input)
Dalam perancangan suatu sistem terlebih dahulu ditentukan rancangan
input yang akan dibuat agar sesuai dengan hasil yang diharapkan. Adapun
rancangan input yang telah dibuat adalah sebagai berikut :
a.
Data Barang
Gambar
4.7 Data Barang
b.
Data Customer
Gambar
4.8 Data Customer
c.
Data Supplier
Gambar
4.9 Data Supplier
d.
Data Barang Masuk
Gambar
4.10 Data Barang Masuk
e.
Data Barang Keluar
Gambar
4.11 Data Barang Keluar
f.
Data Barang Retur
Gambar
4.12 Data Barang Retur
4.3.3 Rancangan Keluaran (Output)
a.
Laporan Data Barang
Gambar
4.13 Laporan Data Barang
b.
Laporan Data Customer
Gambar
4.14 Laporan Data Barang Customer
c.
Laporan Data Supplier
Gambar
4.14 Laporan Data Barang Supplier
d.
Laporan Data Barang Retur
Gambar
4.15 Laporan Data Barang Retur
e.
Laporan Barang Masuk Per Tanggal
Gambar
4.16 Laporan Data Barang Masuk Per Tanggal
f.
Laporan Barang Masuk Per Bulan
Gambar
4.17 Laporan Data Barang Masuk Per Bulan
g.
Laporan Barang Masuk Per Tahun
Gambar
4.18 Laporan Data Barang Masuk Per Tahun
h.
Laporan Barang Keluar Per Tanggal
Gambar
4.19 Laporan Data Barang Keluar Per Tanggal
i.
Laporan Barang Keluar Per Bulan
Gambar
4.20 Laporan Data Barang Keluar Per Bulan
j.
Laporan Barang Keluar Per Tahun
Gambar
4.21 Laporan Data Barang Keluar Per Tahun
4.4 Diagram Alir (Flowchart)
Program
4.4.1 Flowchart Menu Utama
Gambar 4.22 Flowchart Menu Utama
4.4.2 Flowchart Menu File
Gambar 4.23 Flowchart Menu File
4.4.3 Flowchart Menu Transaksi
Gambar 4.24 Flowchart Menu Transaksi
4.4.4 Flowchart Input Data Barang
Gambar
4.25 Flowchart Input Data Barang
4.4.5 Flowchart Input Data Customer
Gambar
4.26 Flowchart Input Data Customer
4.4.6 Flowchart Input Data
Supplier
Gambar
4.27 Flowchart Input Data Supplier
4.4.7 Flowchart Input Data
Barang Masuk
Gambar 4.28 Flowchart
Input Data Barang Masuk
4.4.8 Flowchart Input Data
Barang Keluar
Gambar 4.29 Flowchart Input Data Barang Keluar
4.4.9 Flowchart Input Data
Barang Retur
Gambar 4.30 Flowchart Input Data Barang Retur
4.4.10 Flowchart Laporan
Gambar 4.31 Flowchart Laporan
4.5 Listing Program
*** Lihat di link Download paling bawah ...
4.6 Hasil Program
4.6.1 Tampilan Menu Utama
Gambar 4.32 Tampilan Menu Utama
4.6.2 Tampilan Menu File Barang
Gambar 4.33 Tampilan Menu Barang
4.6.3 Tampilan Menu File Customer
Gambar 4.34 Tampilan Menu File Customer
4.6.4 Tampilan Menu File Supplier
Gambar 4.35 Tampilan Menu File Supplier
4.6.5 Tampilan Menu Transaksi Barang Masuk
Gambar 4.36 Tampilan Menu Transaksi Barang Masuk
4.6.6 Tampilan Menu Transaksi Barang Masuk
Gambar 4.37 Tampilan Menu Transaksi Barang Masuk
4.6.7 Tampilan Menu Transaksi Barang Keluar
Gambar 4.38 Tampilan Menu Transaksi Barang Keluar
4.6.8 Tampilan Menu Transaksi Barang Retur
Gambar 4.39 Tampilan Menu Transaksi Barang Retur
4.6.9 Tampilan Menu Laporan Barang Keseluruhan
Gambar 4.40 Tampilan Menu Laporan Barang
Keseluruhan
4.6.10 Tampilan Menu Laporan Barang Retur
Gambar 4.41 Tampilan Menu Laporan Barang Retur
4.6.11 Tampilan Menu Laporan Supplier
Gambar 4.42 Tampilan Menu Laporan Supplier
4.6.12 Tampilan Menu Laporan Customer
Gambar 4.43 Tampilan Menu Laporan Customer
4.6.13 Tampilan Menu Laporan Barang Masuk Per Tanggal
Gambar 4.44 Tampilan Menu Laporan Barang Masuk Per
Tanggal
4.6.14 Tampilan Menu Laporan Barang Masuk Per Bulan
Gambar 4.45 Tampilan Menu Laporan Barang Masuk Per
Bulan
4.6.15 Tampilan Menu Laporan Barang Masuk Per Tahun
Gambar 4.46 Tampilan Menu Laporan Barang Masuk Per
Tahun
4.6.16 Tampilan Menu Laporan Barang Keluar Per Tanggal
Gambar 4.47 Tampilan Menu Laporan Barang Keluar
Per Tanggal
4.6.17 Tampilan Menu Laporan Barang Keluar Per Bulan
Gambar 4.48 Tampilan Menu Laporan Barang Keluar
Per Bulan
4.6.18 Tampilan Menu Laporan Barang Keluar Per Tahun
Gambar 4.49 Tampilan Menu Laporan Barang Keluar
Per Tahun
4.7 Spesifikasi Program
4.7.1 Perangkat Keras (Hardware)
Perangkat keras
adalah peralatan dari sistem komputer yang secara fisik terlihat dan dapat
dijamah atau disentuh. Perangkat keras atau sistem yang diperlukan komputer
untuk mendukung sistem informasi yang dirancang.
Perangkat keras yang digunakan yaitu sebagai berikut :
- Satu unit PC (Personal Computer) Intel Pentium IV CPU 2.40 Ghz.
- Memory 1 Gb sebagai pemeroses data.
- Harddisk 160 Gb sebagai penyimpanan data.
- Keyboard dan mouse standar.
- Monitor Flatron L1552S.
- Printer Cannon IP 2700.
- CD Room.
4.7.2 Perangkat Lunak (Software)
Perangkat lunak
adalah merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk pengolahan data atau
aplikasi tertentu. Software yang dapat digunakan antara lain : .
a.
Sistem operasi Windows XP
Professional SP3.
b.
Microsoft Office Access 2007,
untuk merancang basis data.
c.
Microsoft Office Visio 2010,
untuk merancang DFD (Data Flow Diagram) dan Flowchard.
d.
Crystal Report Seagate 8.5,
sebagai pembuatan laporan.
e.
Adobe Photoshop, untuk mengedit
gambar agar lebih bagus sebagai banner dan desain gambar.
f.
Avast Free Antivirus, sebagai
pendeteksi keberadaan virus agar tidak merusak pogram.
4.7.3 Pemakai (Brainware)
a. Mengetahui dan menguasai komputer serta mengetahui bahasa
pemrograman seperti Visual Basic agar sistem dapat digunakan dengan maksimal.
b. Memiliki wewenang penuh dalam melakukan penginputan data,
penghapusan data, dan
pengeditan data.
4.8 Prosedur Penggunaan Program Manual
Berikut ini adalah langkah – langkah
penggunaan program yang akan dilakukan dalam pengimplementasian sistem yang
berjudul “Sistem Informasi Persediaan Barang Pada CV. Eracom Medan” antara lain
adalah sebagai berikut :
1.
Langkah pertama adalah membuka file “Sistem Informasi Persediaan Barang Pada
CV. Eracom Medan” pada drive yang sudah ditentukan sehingga akan muncul tampilan menu utama yang terdiri dari
menu file, transaksi, laporan dan keluar.
2.
Menu file terdiri dari sub menu
barang, supplier dan customer.
3.
Menu transaksi terdiri dari sub
menu transaksi barang masuk, barang keluar, dan barang retur.
4.
Menu laporan terdiri dari sub
menu barang keseluruhan, barang retur, supplier, customer, laporan barang masuk
per tanggal dan jenis, laporan barang masuk per bulan dan jenis, laporan barang
masuk per tahun dan jenis, laporan barang keluar per tanggal dan jenis, laporan
barang keluar per bulan dan jenis, laporan barang keluar per tahun dan jenis.
5.
Setiap menu memiliki perintah untuk
melakukan input, edit, hapus pada bagian sub menu yang dipilih kecuali menu sup
laporan karena menu sub laporan berfungsi untuk menampilkan laporan dari sub
menu laporan.
6.
Pilih menu kelura jika ingin
keluar dari program.
Untuk yang malas baca / ingin sedot langsung saya udah siapkan file nya untuk kamu bro, caranya klik aja link download ini :