Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

BAB 1 - SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN BARANG CV. ERACOM MEDAN


BAB 1
PENDAHULUAN

1.1  Latar  Belakang Masalah
Dewasa ini pemanfaatan teknologi informasi di bidang bisnis sangat dibutuhkan terutama dalam penyampaian informasi baik kepada masyarakat maupun kepada pegawai dan karyawan yang ada pada instansi atau perusahan itu sendiri. Hal ini juga mempengaruhi kondisi pasar bisnis serta kinerja dan aktivitas kerja para karyawan dan pegawainya. Dalam dunia bisnis peran dan fungsi dari teknologi informasi sangat dibutuhkan, karena selain sebagia media promosi dan publikasi produk serta layanan bisnis, juga dapat dimanfaatkan sebagai alat bantu penyelesaian masalah melalui pengolahan data menjadi informasi yang dapat dijadikan sebagai landasan dan dasar bagi pihak-pihak yang berkepentingan dalam mengambil suatu keputusan. Adapun dalam karya ilmiah Tugas Akhir kali ini penulis lebih menitikberatkan pembahasan pemanfaatan teknologi informasi di dunia bisnis sebagai pengolahan data dan alat bantu penyelesaian masalah pada persediaan barang.

CV. Eracom Medan adalah salah satu bentuk badan usaha perseroan komanditer yang bergerak dibidang penjualan barang elektronik dan ATK (Alat Tulis Kantor) seperti penjualan komputer, laptop, printer, monitor, sparepart komputer, aksesoris komputer, dan alat tulis kantor. Untuk mendukung penjualan barang yang professional, maka pihak marketing harus memiliki kerjasama yang baik dengan semua bidang kerja yang ada pada perusahaan, terutama bagian persediaan barang yang menagani masalah tersedianya barang/produk yang akan dipasarkan kemasyarakat melalui bagian marketing. Untuk itu dalam operasional penyediaan barang maka bagian persediaan membutuhkan data-data yang terkait dengan spesifikasi dan klasifikasi barang, permintaan, kondisi, pengadaan dan pendistribusian barang yang nantinya dapat menghasilkan informasi dan laporan daftar permintaan barang, produk/barang yang layak jual, barang masuk dan barang keluar, yang memang sangat diperlukan baik oleh bidang pemasaran, maupun oleh pimpinan.

Adapun masalah dan kendala yang sering dihadapi oleh pihak CV. Eracom Medan terutama dalam hal pengelolaan persedian barang selama ini masih menggunakan sistem yang belum memanfaatkan teknologi informasi berbasis komputer dan database, sehingga jika ada permintaan dari pihak marketing maka bagian persediaan  harus mendata ulang kembali jumlah, kondisi dan spesifikasi barang yang ada dalam gudang sehingga penyampaian informasi kebagian marketing maupun laporan ke menejer membutuhkan waktu yang lama dan informasi serta laporan  juga belum akurat serta belum dapat disajikan saat diperlukan demikian pula halnya pencatatan barang yang masuk dan keluar dari gudang dilakukan secara berulang hingga mengakibatkan data dan informasi yang disampikan sering tumpang tindih/redundansi sehingga keakuratan data kurang terjamin. Hal ini membuktikan bahwa pengolahan data pada bagian persediaan  sangat membutuhkan sentuhan teknologi informasi yang berbasis komputer, program dan database yang telah memiliki fasilitas otomatisasi perhitungan dan manajemen serta penyimpanan data yang sangat baik.

Berdasarkan hal tersebut penulis yang saat ini sedang menyelesaikan perkuliahan di AMIK MBP khususnya jurusan Manajemen Informatika ingin menawarkan sebuah sistem berbasis Komputer, program dan database untuk mengurangi kendala dan masalah dalam pengolahan data tersebut. Berdasarkan permasalahan diatas maka penulis melakukan penelitian dan analisa di CV. Eracom Medan dengan melaksanakan (PKL) Praktek Kerja Lapangan yang bertujuan mempelajari dan menganalisa masalah dan kendala pada bagian persediaan  tentang persediaan barang/produk memang sedang membutuhkan pembenahan dalam sistem pengolahan datanya. Berdasarkan hal inilah penulis ingin membantu bagian persediaan  melalui sebuah karya ilmiah dalam bentuk Tugas Akhir yang berjudul Sistem  Informasi  Persediaan Barang Pada CV. Eracom Medan ”,  yang nantinya akan dilengkapi dengan  perancangan sistem persediaan yang sudah diolah menggunakan komputer berbasis program dan basis data.

1.2  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka penulis dapat merumuskan masalah sebagai berikut:
1.      Bagaimana mengetahui informasi spesifikasi dan klasifikasi barang/produk yang tersedia.
2.      Bagaimana mengetahui informasi barang masuk dan barang keluar setiap priode dan jenis  pada bagian persediaan.
3.      Bagaimana mengetahui informasi permintaan dan pengadaan barang dari customer dan supplier.
4.      Bagaimana mengetahui informasi rekapitulasi/laporan persediaan akhir pada gudang.

1.3  Batasan Masalah
Agar mempermudah sistem yang dirancang menjadi khusus sesuai dengan kemampuan yang dirancang dan cakupan permasalahan  dalam penyelesaian Tugas Akhir ini maka penulis membatasi ruang lingkup  yang akan dibahas yaitu:
1.      Spesifikasi dan klasifikasi barang meliputi kategori/jenis, kebutuhan pemakaian, harga, fasilitas yang tersedia, kodisi barang dan jumlah/stok.
2.      Barang masuk berdasarkan pengadaan dan retur barang dari supplier.
3.      Barang keluar berdasarkan permintaan dari customer.
4.      Rekapitulasi/laporan persediaan akhir meliputi total persediaan setelah dilakukan perhitungan persediaan awal, barang masuk, barang keluar, barang retur yang dicatat berdasarkan kategori setiap jenis dan periode.

1.4  Tujuan dan Manfaat Studi
1.4.1 Tujuan Studi
Adapun maksud dan tujuan dalam penyusunan Tugas Akhir  ini adalah:
1.    Untuk mengetahui sistem kerja yang sedang berjalan pada CV. Eracom Medan tersebut, khususnya dalam bagian persediaan barang sehingga penulis dapat mempelajari masalah yang ada pada CV. Eracom Medan tersebut.
2.    Untuk merancang sistem informasi yang dapat mengetahui informasi persediaan barang, transaksi barang, pemakai barang (customer), pemasok barang (supplier).
3.    Untuk mengetahui informasi atau laporan yang dihasilkan dari sistem yang digunakan.

1.4.2 Manfaat Studi
     Adapun manfaat dalam penyusunan Tugas Akhir ini adalah:
1.    Agar informasi persediaan barang secara keseluruhan dapat diketahui.
2.    Agar informasi barang masuk dan retur dari supplier dapat diketahui.
3.    Agar informasi barang keluar dari permintaan customer dapat diketahui.
4.    Agar informasi persediaan / stok akhir  dapat diketahui.

1.5  Sistematika Penulisan
Dalam hal penyelesaian Tugas Akhir ini perlu penulis menguraikan tentang sistematika penulisan yang tercantum didalamnya yang terbagi menjadi bab dan sub-bab untuk mempermudah dalam penyusunan Tugas akhir dengan keterangan sebagai berikut :
BAB 1 :   Pendahuluan
Dalam bab ini penulis menguraikan latar belakang masalah, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan dan manfaat studi sistematika penulisannya.
BAB 2 :   Landasan Teori Dan Konseptual
                 Dalam bab ini penulis menjelaskan serta menguraikan landasan teori yang membahas pemecahan masalah yaitu: teori sistem, informasi, sistem informasi, persediaan, barang, Data Flow Diagram (DFD), bagan alir (flowchart), database, relasi, dan konsep pengolahan data persediaan barang menggunakan sistem berbasis komputer program dan database.

BAB 3 :   Sistem  Persediaan Barang Pada CV. Eracom Medan
                 Dalam bab ini penulis memberikan atau menjelaskan mengenai gambaran umum perusahan, Sturktur organisasi, penjelasan sistem yang sedang berjalan, identifikasi masalah, analisa masalah dan pengumpulan data.

BAB 4 :   Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang  Pada CV. Eracom Medan
Dalam ini berisi tentang sistem informasi yang penulis rancang termasuk rancangan Data Flow Diagram (DFD), bagan alir (flowchart), database dan relasinya, desain antar muka (menu, input, output), listing program, hasil program, spesifikasi program, dan prosedur penggunaan program.

BAB 5 :   Kesimpulan dan Saran
                 Dalam bab ini berisikan kesimpulan isi dari Tugas Akhir dan sistem yang dirancang serta saran-saran yang membangun dan menyempurnakan isi Tugas Akhir sekaligus mengembangkan sistem yang dirancang sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Daftar Pustaka

Lampiran
Untuk yang malas baca / ingin sedot langsung saya udah siapkan file nya untuk kamu bro, caranya klik aja link download ini :